Pages

Selasa, 01 Maret 2016

Bahan Dan Cara Membuat Kuliner Bandung

Combro

 resep-combro-khas-bandung-paling-enak

Satu lagi resep makanan yang berasal dari Sunda, tepatnya di kota Bandung yaitu combro. Ya, bagi Anda yang ingin resep combro khas Bandung paling enak dan berbeda, tepatnya hanya di sini. Karena combro berasal dari Sunda, jadi asal nama combro sendiri berawal dari singkatan “oncom di jero” yang artinya “oncom di dalam” sehingga disingkatlah menjadi combro. Namun, combro juga tak hanya di kenal di Jawa Barat saja lho, tetapi juga di daerah lainnya di negara Indonesia. Combro merupakan jajanan yang sering disajikan dengan berbagai macam aneka gorengan. Makanan ini sangat cocok disantap bersama keluarga.
Makanan ini sesuai namanya berisi oncom dan terbuat dari singkong, diolah dengan bumbu yang pedas lalu digoreng. Sehingga rasanya sangat nikmat dan menggoda lidah. Rasanya yang pedas, membuat siapapun pasti ketagihan memakan combro. Tak hanya lezat, combro juga kaya akan protein, vitamin dan juga karbohidrat. Nah, bagi Anda yang penasaran ingin membuatnya, ini dia resep combro khas Bandung paling enak.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat combro isi oncom pedas:
  • 1 kg singkong, parut hingga halus
  • 1 batang daun bawang, diiris-iris kecil
  • kelapa 100 gram
  • 2 sdm tepung sagu/kanji
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
Bahan-bahan isi combro khas Bandung:
  • 2 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 250 gram oncom (ditumbuk halus)
  • 1 btg daun bawang (dirajang kecil)
  • 1 sdt merica bubuk
  • 4 buah cabe merah
  • Gula pasir sedikit
  • Garam secukupnya
Cara membuat combro:
  1. Kupas singkong, lalu cuci hingga bersih menggunakan air mengalir.
  2. Parut singkong yang sudah dibersihkan, kemudian peras airnya. Ambil singkong dan buang airnya. Parut juga kelapa tua, lalu campurkan dan uleni.
  3. Tambahkan dengan tepung sagu/kanji, irisan daun bawang dan garam secukupnya. Kemudian aduk adonan hingga merata. Tiriskan kembali, dan buang airnya.
  4. Di wadah lain, haluskan bahan isi combro, seperti cabai merah, bawang merah dan bawang putih. Setelah halus, tumis hingga tercium wangi. Lalu campurkan dengan merica, oncom, garam, gula pasir dan daun bawang, kemudian tumis hingga tercampur merata. Setelah matang, angkat dan sisihkan.
  5. Sementara itu untuk membuat combro, ambil adonan singkong yang dicampur dengan kelapa tadi sebanyak sekepal tangan, lalu pipihkan dan tambahkan bahan isi combro tadi. Gulung adonan hingga tertutup rapat, dan bentuk adonan hingga berbentuk lonjong.
  6. Langkah terakhir goreng adonan yang sudah dibentuk lonjong tadi ke dalam wajan.
source : http://www.resepnasional.com/resep-combro-khas-bandung-paling-enak/

 Colenak

http://mik.upi.edu/wp-content/uploads/2014/11/colenak.jpg
Colenak adalah salah satu makanan khas Jawa Barat yaitu kota Bandung. Makanan ini terbuat dari bahan dasar tape singkong atau peuyeum yang dibakar juga dalam penyajiannya dituangi saus gula kelapa. Penamaan ini karena berasal dari bahasa sunda yaitu dicocol enak, itulah sebabnya dinamakan colenak. Makanan ini memiliki citarasa yang khas yaitu dari rasa gosongnya, bagian itulah yang membuat orang ketagihan. Membuat colenak sangat mudah dan sederhana juga tape singkongnya mudah untuk kita dapatkan. Dibawah ini adalah Resep Dan Cara Membuat Colenak Khas Bandung.



Bahan Utama :
  • 500 gr tape singkong
  • 2 sendok makan margarine
Bahan Saus :
  • 350 ml santan kelapa kental
  • 2 lembar daun pandan ( dicuci bersih )
  • 1/2 buah kelapa yang belum terlalu tua ( diparut )
  • 200 gr gula merah ( diiris terlebih dahulu )
  • 1/4 garam halus
Cara Membuat Colenak Khas Bandung :
a. tape singkong panggang :
  1. tape singkong dipipihkan terlebih dahulu
  2. kemudian panggang tape singkong diatas wajan datar yang dioles margarine tunggu sampai berwarna kecoklatan sambil dibolak balik ( lakukan sampai selesai ) sisihkan
b. saus :
  1. rebus santan gula merah dan daun pandan tunggu sampai mendidih sambil diaduk
  2. tambahkan garam sambil terus diaduk sampai gula benar-benar mencair
  3. masukkan buah kelapa yang sudah diparut kedalam rebusan gula merah aduk-aduk sampai kental
c. penyajian :
  1. ambil tape singkong yang sudah dipanggang lalu ditata diatas piring penyajian
  2. tuang saus gula kelapa diatas tape singkong
  3. colenak khas Bandung siap dinikmati 
Source :  http://www.resepnasional.com/resep-dan-cara-membuat-colenak-khas-bandung/


 Batagor

http://sobatinfo.com/wp-content/uploads/2015/09/resep-batagor-asli-bandung.jpg
Resep membuat Batagor Bandung. Siapa yang tidak kenal dengan jajanan yang berasal dari Bandung ini. Mulai dari kaki lima di pinggir jalan, abang abang yang muter di komplek perumahan bahkan sampai beberapa hotel berbintang pun menyediakan makananan ini. Ya, selain Siomay, kota Bandung juga terkenal dengan Resep Batagor Bandung nya. Tetapi apakah teman teman sudah pernah mencoba untuk membuat Batagor sendiri di rumah? Ternyata tidak terlalu sulit lho. Tidak perlu seorang koki terkenal untuk bisa membuat resep batagor ikan tenggiri, resep batagor kingsley atau variasi resep batagor yang lain di rumah.

Selain rasanya yang enak, perasan jeruk limau di atasnya juga membuat jajanan asli Bandung ini juga menimbulkan sensasi segar di mulut kita. Selain itu rasa ikan tengiri yang cukup terasa di dalam batagor dan kental nya saus kacang plus siraman kecap manis tersebut juga membuat Resep Batagor bandung ini di gemari oleh setiap lapisan masyarakat Indonesia. Tidak hanya masyarakat golongan menegah bawah, beberapa masyarakat golongan atas pun banyak yang menuyukai masakan satu ini. Ini terbukti dengan banyak nya Restaurant dan tempat makan di Mal Mal terkenal yang juga menyediakan menu satu ini.

Menurut beberapa teman teman asli Bandung yang pernah saya temui, Batagor mengambil singkatan kata dari Bakso dan Tahu yang di goreng. Memang tampilannya tidak mirip dengan pentol bakso kuah pada umum nya tetapi kalau teman teman pernah mencoba bakso goreng, bentuk kedua makanan ini memang mirip sekali. Sebenarnya, cara membuat Resep Batagor Asli Bandung ini tidak terlalu sulit dan mirip dengan cara membuat Siomay Bandung. Perbedaannya hanya di kulit luarnya dan cara pengolahan dengan di goreng. Bahan bahan seperti tepung sagu, ikan tengiri dan bumbu kacang nya hampir mirip dengan Siomay Bandung. Untuk proses pembuatan Batagor Asli Bandung nya nanti akan di bagi menjadi dua bagian, yaitu pembuatan batagornya dan pembuatan bumbu kacang nya.

Bahan bahan Resep Batagor Bandung

  1. Daging Ikan Tengiri atau fillet nya saja sebanyak 250 gram. Cuci bersih dan haluskan (bisa dengan sedikit di tekan tekan dagingnya supaya lembut dan halus).
  2. Minyak goreng sebanyak satu sendok makan.
  3. Tepung sagu sebanyak 100 gram. Gunakan merek dan kualitas yang bagus supaya hasilnya enak.
  4. Telur Ayam ukuran besar sebanyak 1 butir.
  5. Santan Encer sebanyak 50ml. Anda juga bisa menggunakan santan instant yang banyak di jual di pasaran.
  6. Merica halus sebanyak 2 sendok makan.
  7. Garam dapur yang mepunyai kandungan yodium sebanyak 1 sendok kecil atau sendok teh.
  8. Gula pasir putih sebanyak 1 sendok kecil.
  9. Bawang putih lokal ukuran sedang besar sebanyak 3-4 siung. Kupas dan iris tipis tipis untuk tumisan.
  10. Kecap manis kental kurang lebih satu sendok makan.
  11. Kulit Pangsit yang bisa dibeli dengan mudah di pasar pasar tradisional sebanyak 15 lembar.
  12. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng adonan Batagor dan menumis bumbu bumbu halus nya.

Cara Membuat Batagor Asli Bandung

  1. Haluskan, campur dan tumis bawang putih, kecap manis, merica halus, garam dan gula pasirnya.
  2. Ambil wadah cukup besar. Masukkan bumbu bumbu yang sudah di tumis diatas dan campur dengan ikan tengiri yang sudah dihaluskan di atas sampai rata.
  3. Masukkan telur, satu sendok makan minyak goreng, santan encer dan tepung sagunya. Aduk dan campur semua bahan tersebut dengan campuran ikan nya sampai benar benar tercampur sempurna.
  4. Siapkan kulit pangsit nya. Buka dan rengtangkan kulit nya dan isi dengan adonan di atas lalu lipat kembali dengan ujung agak dilipat. Ulangi sampai semua adonan dan kulit pangsitnya habis.
  5. Siapkan penggorengan dan beri minyak agak banyak supaya nanti batagornya terendam semua. Goreng dengan api sedang sampai warnanya kuning kecoklatan.

Bahan bahan Bumbu Kacang buat Batagor

  1. Bumbu kacang yang sudah dihaluskan sebanyak 100 gram. Anda bisa membelinya di apsar atau membuat sendiri.
  2. Cabai merah secukupnya. Apabila anda suka pedas bisa agak banyak atau sedikit saja apabila tidak suka pedas.
  3. Bawang putih lokal ukuran sedang besar sebanyak 3 pcs.
  4. Gula pasir putih sebanyak 2 sendok makan.
  5. Garam dapur halus beryodium sebanyak 1 sendok kecil.
  6. Kecap manis kurang lebih satu sendok kecil atau sesuai selera.
  7. Jeruk Nipis 1 pcs. Peras dan ambil airnya saja.
  8. Air panas secukupnya.
  9. Minyak sedikit untuk menumis.

Cara Membuat Bumbu Batagor Kacang

  1. Tumis bawang putihnya dan cabai yang dibutuhkan sampai harum.
  2. Haluskan tumisan diatas dan tambahkan kecap manis, garam dapur, gula pasir dan kacang goreng yang sudah dihaluskan dan air secukupnya sampai di daptkan tingkat kekentalan yang diinginkan.
Source : http://resepcaramemasak.info/cara-membuat-resep-batagor-bandung-asli-spesial/

Surabi Manis

https://dejulogy.files.wordpress.com/2012/03/surabi.jpg?w=300&h=212
Serabi manis atau nama lainnya kue sorabi adalah jenis jajanan kue baru yang sudah sangat dikenal orang, namun bukan kue serabinya yang baru, akan tetapi olahan serabinya yang dibuat baru, yaitu dengan citarasa manis dan aneka rasa.  Kue jajanan ini termasuk kue tradisional yang sangat eksis sampai sekarang, karena memang kue serabi ini sangat enak baik dibuat manis atau dibuat asin sekalipun, apalgi yang citarasa asin dan gurih pasti sangat banyak sekali orang yang suka, ditambah dengan sambal oncom yang pedas mantap. Kue serabi ini tidak hanya dibandung, di solo pun ada kue serabi namun bentuknya berbeda dengan serabi bandung yang memiliki bentuk lebih tebal dari serabi solo. Jadi bagi anda yang ingin membuat kue serabi dengan bentuk yang lebih tebal anda bisa membuat kue serabi bandung, atau bila ingin yang tipis bisa dengan resep serabi solo.
Untuk anda yang ingin mencoba kue serabi bandung beraneka rasa silahkan mampir kedarah bandung, disana banyak dijual berbagai macam rasa serabi, seperti rasa pandan, strawbery, coklat, keju dan lain sebagainya. Namun bagi anda yang ingin mencobanya silahkan ikuti resep dibawah ini secara benar, karena disini akan  dibahas mengenai pembuatan serabi rasa coklat keju yang sangat lezat, agar hasil serabi lebih enak dan mantap.
                                                      
Resep Serabi Bandung Manis Aneka Rasa
Bahan kue serabi bandung
  • Tepung terigu 250 gram, usahakn tepung yang bagus
  • Kelapa 150 gram, parut terlebihdahulu
  • Santan kelapa kental 500 ml
  • Minyak sayur 2 sendok makan
  • Keju parut 50 gram
  • Susu kental secukupnya
  • Meses coklat 200 gram
  • Garam dapur halus ½ sendok teh
Cara Membuat Serabi Bandung Manis Aneka Rasa
  1. Siapkan wadah untuk mencampur tepung terigu, santan kental, dan sedikit garam dalam satu wadah, dan aduk sampai merata
  2. Selanjutnya siapkan cetakan surabi, panaskan terlebihdulu dan oleskan minyak sayur ke cetakan surabi tersebut, agar adonan serabi tidak menempel
  3. Tuangkan adonan surabi yang telah jadi, dan tunggu sampai adonan bergelembung dan matang
  4. Bila sudah matang angkat serabi dan mulai taburi bagian atas surabi dengan susu kental, meses, dan keju parut
  5. Dan sajikan serabi selagi masih hangat
Bagaimana sangat mudah bukan membuat olahan serabi bandung ini, bila anda yang ingin membuat serabi sebagai cemilan untuk keluarga dirumah silahkan langsung peraktikan menu resep ini.

Source :  http://www.umiresep.com/cara-membuat-serabi-bandung-manis-aneka-rasa/

 Keredok Pedas

Resep Cara Membuat Karedok Pedas Nikmat Ala Sunda Menu khas nusantara dari daratan sunda lainnya adalah karedok. Karedok adalah makanan yang terdiri dari sayuran segar yang diiris, dipotong dan dicincang kasar dan dicampurkan dengan saus kacang gurih serta pelengkap sajian karedok. Pembuatannya sangat praktis dan mudah sehingga memungkinkan bagi anda vegetarian untuk menghadirkan karedok ini kapan saja.
Bahan-bahan yang biasa dipakai adalah sayuran segar berupa kacang panjang, kol, terong bulat, wortel, mentimun dan sayuran lainnya. Sedangkan bahan bumbu kacang yang digunakan berupa kacang tanah goreng yang dihaluskan bersama dengan bawang merah, bawang putih, gula merah, cabe rawit, terasi, garam dan lain-lain. Selengkapnya mengenai bahan dan cara penyajian karedok sunda dapat anda lihat dalam sajian resep cara membuat karedok pedas nikmat ala sunda berikut ini.

Bahan-bahan Karedok Sunda
  • Kacang panjang, potong kecil secukupnya
  • Cabe rawit secukupnya
  • Gula merah secukupnya
  • Terasi secukupnya
  • Bawang putih secukupnya
  • Kencur secukupnya
  • Garam dapur secukupnya
Bahan Saus Kacang
  • Kacang tanah goreng secukupnya
  • Kencur secukupnya
  • Gula merah secukupnya
  • Cabe merah secukupnya
  • Jeruk limau secukupnya
  • Terasi bakar secukupnya
  • Air matang secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Air asam secukupnya
Bahan Pelengkap Karedok
  • Sayuran kol, iris-iris secukupnya
  • Terong bulat, iris-iris secukupnya
  • Tauge segar secukupnya
  • Wortel, iris-iris secukupnya
  • Daun kemangi, haluskan secukupnya
  • Mentimun, iris-iris secukupnya
 Cara Membuat Karedok Kacang Panjang Nikmat Khas Sunda
  1. Terlebih dulu haluskan bumbu saus kacang karedok dengan cara diulek halus. Kemudian masukan sayuran segar yang sudah diiris, dipotong dan dicincang kasar ke dalam ulekan berisi bumbu halus tersebut bersama dengan bahan pelengkap lainnya, aduk merata.
  2. Karedok siap disantap.
Paling mudah sekali menyajikan hidangan karedok ini karena semua disajikan secara freshtanpa melewati proses pemasakan terlebih dahulu. Krupuk dan rempeyek renyah tentu akan menambah bikmatnya santapan karedok khas sunda ini.

 Nasi Kalong

http://www.pergidulu.com/wp-content/uploads/2015/05/Nasi-Kalong.jpgSalah satu kuliner khas bandung ini yaitu Nasi Kalong memiliki cita rasa yang khas. Nasi kalong ini disajikan dengan tambahan sayuran buncis dan ayam madu dipadu dengan nasi itu sendiri, sehingga cukup untuk mengganjal perut yang laper ketika pada malam hari, karna memang nasi kalong disajikan pada saat tengah malam.


Bahan:

  • Beras 250 gram, cuci bersih
  • Air 350 ml
  • Kluwek 2 buah, ambil isinya, haluskan
  • Garam secukupnya

Tumis Buncis:

  • Buncis muda 250 gram, potong 3 cm
  • Minyak goreng 1 sendok makan
  • Bawang putih 2 siung, cincang halus
  • Kecap asin 1 sendok makan

Ayam Madu:

  • Daging ayam tanpa tulang 100 gram, potong kotak
  • Bawang putih 2 siung, cincang halus
  • Madu 1 sendok makan
  • Air 100 ml
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Minyak goreng 2 sendok makan

Pelengkap:

  • Dendeng manis
  • Kering tempe
  • Lalapan (timun, kemangi)

Cara Membuat:

  1. Didihkan air, garam dan kluwek. Masukkan beras, masak sambil sesekali diaduk hingga meresap, angkat. Kukus hingga matang, angkat.
  2. Tumis buncis: Tumis bawang putih hingga harum, lalu masukkan buncis dan kecap asin, aduk hingga layu, angkat.
  3. Ayam madu: Ungkep ayam bersama bawang putih, madu, dan garam. Setelah berubah warna tambahkan air, masak hingga matang.
  4. Sajikan dengan tumis buncis, ayam madu dan pelengkap lainnya.
Source : http://resepaneka99.blogspot.co.id/2014/09/resep-masakan-nasi-kalong-bandung.html

Mie Yamin



http://www.halhalal.com/wp-content/uploads/2015/04/mieyamin.jpgYamien ini kuliner Bandung enak yang selalu saya kangenin kalau sedang tidak di Bandung. Definisi yamien bandung menurut saya adalah mie kuning yang direbus, ditiriskan kemudian diaduk-aduk dengan minyak dan kecap di dalam mangkok. Taburannya biasanya berupa daging ayam suwir ataupun cincang dan daun bawang, kadang ada juga yang pakai bawang goreng. Kuahnya bisa ditambah bakso, pangsit ataupun baso tahu. Yang agak tricky, kadang yamien ada yang pakai minyak babi untuk adukan mie-nya

Bahan mie ayam yamin:
  • 400 gram mie ayam
  • 3 sdm saus tomat
  • 3 sdm saus sambal
  • 2 sdt kecap asin
  • 2 batang daun bawang yang diiris tipis
Bahan topping ayam:
  • 2 sdm minyak goreng
  • 2 siung bawang putih ukuran sedang yang telah dicincang
  • 2 cm kunyit yang dicincang halus
  • 260 gram fillet ayam yang dipotong dadu kecil
  • 1 sdt minyak wijen
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 ½ sdt kecap asin
  • Garam dan merica bubuk secukupnya
  • 50 ml air
Bahan untuk kuah:
  • 350 gram tulang ayam
  • 1 liter air
  • 2 sdm minyak goreng
  • 6 siung bawang putih
  • 6 butir bawang merah
  • ½ sdt merica butiran
  • 2 sdm minyak goreng
Cara membuat mie yamin special khas Bandung :
Cara Membuat kuah:
  1. Rebus kaldu dan tulang ayam hingga mendidih.
  2. Panaskan 2 sdm minyak goreng, lalu tumis bumbu halus hingga harum.
  3. Angkat tumisan bumbu, lalu tuangkan dalam kuah kaldu. Masak hingga matang.
Cara membuat topping:
  1. Tumis bawang putih dan kunyit hingga harum.
  2. Masukkan ayam dan masak hingga berubah warnanya.
  3. Masukkan minyak wijen, kecap manis, kecap asin, garam, merica bubuk dan air. Masak hingga matang dan angkat.
Memasak pangsit dan mie:
  1. Campurkan daging ayam yang telah dipotong dadu bersama bawang putih, daun bawang, garam dan merica bubuk, lalu aduk rata.
  2. Ambil selembar kulit pangsit, isi dengan daging ayam, lalu rekatkan. Terus lakukan hingga bahan habis.
  3. Rebus kulit pangsit hingga matang, angkat dan tiriskan.
  4. Rebus mie hingga matang, angkat dan tiriskan.
  5. Campurkan mie dengan saus tomat, kecap asin dan saus sambal. Aduk hingga rata.
  6. Masukkan mie dalam mangkuk. Masukkan juga topping, pangsit rebus dan beri taburan daun bawang diatasnya.
  7. Mie yamin spesial khas Bandung pun siap dihidangkan.
Source :http://www.halhalal.com/cara-membuat-mie-yamin-spesial-khas-bandung/

Pedkedel Bondon\


http://www.pergidulu.com/wp-content/uploads/2015/05/Perkedel-Bondon.jpg
Bagi anda pecinta Perkedel terutama sekali Perkedel Bondon, berikut ini ada masakan yang terbuat dari Tepung Kanji, Tepung Terigu dll yaitu Perkedel Bondon khas Bandung. Masakan Perkedel Bondon yang akan kami bagikan berikut kami kategorikan ke dalam label Masakan Bandung alias Sunda.

Resep Perkedel Bondon dari Bandung -- Sebaiknya perlu anda ketahui bahwa, Perkedel Bondon ini mungkin sudah sering kita masyarakat Indonesia jumpai. Akan tetepi tahukah anda bahwa Perkedel Bondon pertama kami diperkenalkan di kota Bandung (Sunda), Jawa Barat. Nah, oleh sebab itulah untuk warga Bandung ataupun pecinta masakan Sunda sudah barang tentu harus mengetahui bahan maupun Cara Membuat Perkedel Bondon ini, terutama sekali buat ibu-ibu di rumah.
Resep Perkedel Bondon dari Bandung -- Okelah, langsung saja, Jika anda berniat atau tertarik untuk membuat Perkedel Bondon ini di rumah anda, atau mungkin buat dagangan di warung anda, atau pengen jadi penjual Perkedel Bondon keliling alias lesehan. Tenang, santai aja! berikut akan kami bagikan Resep Perkedel
Bondon, baik bahan maupun Cara Membuat Perkedel Bondon ini. Perhatikan dengan cermat ya !.

Bahannya:
  • 250 gram Kentang yang telah dikukus dan dihaluskan
  • 100 gram Tepung terigu
  • 50 gram Tepung kanji
  • 2 butir Telur yang masih utuh
  • 1 sdm Masako rasa ayam
  • 3 batang Daun bawang, silahkan diiris hingga halus
  • Gunakan merica halus secukupnya
  • Gunakan Garam secukupnya
Cara Membuat Perkedel Bondon dari Bandung:
  1. Kentang yang sudah dikukus dan dihaluskan dicampur dengan semua bahan
  2. Adonan dicetak dengan sendok makan, langsung di goreng pada minyak yang sudah panas
  3. Sajikan saat panah, bisa dimakan dengan saus cabe botol
  4. Kalau mau lebih ok tambahkan potongan sosis/ kornet pada adonan perkedel.
Source : http://www.resepmasakindonesia.com/2014/10/resep-perkedel-bondon-dari-bandung.html

 Kupat Tahu Gempol

Gambar Kupat Tahu Gempol Bandung
Kupat tahu adalah makanan tradisional Indonesia yang berbahan dasar ketupat, tahu yang telah digoreng, dan juga bumbu kacang. Lontong dapat juga digunakan sebagai pengganti ketupat. Ada banyak jenis kupat tahu, namun yang terkenal ialah yang berasal dari Singaparna dan Magelang, perbedaannya terletak pada bumbu dan pelengkap, jika pada versi Magelang terdapat irisan kol dan bakwan, tetapi pada versi Singaparna terdapat tauge yang telah direbus.

Resep Kupat Tahu Gempol Bandung
Bahan:
  • 10 Buah ketupat 
  • 10 Potong, tahu kuning digoreng
  • 4 Butir telur rebus, diiris bundar
  • 250 Gram toge panjang direbus sebentar
  • 2 Sendok makan bawang goreng
  • 100 Gram kerupuk merah
Bumbu Kacang:
  • 250 Gram kacang tanah, digoreng
  • 100 Gram gula merah
  • 1 Iris kecil kencur, digoreng
  • 1 Sendok makan bawang putih goreng
  • 100 Mili liter air asam
  • 300 Mili liter santan
  • 5 Sendok makan kecap manis
  • Garam secukupnya
  • 1 Buah air jeruk limau sesuai selera
Sambal Rawit:
  • 20 buah cabai rawit, direbus, dihaluskan
  • Garam secukupnya
Cara Membuat :
  1. Bumbu kacang: Campur adonan kacang tanah yang telah dihaluskan dengan blender bersama air asam dan santan, aduk hingga rata.
  2. Lalu masak dalam panic hingga mendidih, tambahkan kecap manis, garam dan air jeruk limau, aduk rata, angkat. Sisihkan.
  3. Ambil piring saji, letakan ketupat, tahu, telur, toge, lalu siram dengan bumbu kacang, atasnya beri taburan bawang goreng dan kerupuk merah. 
  4. Hidangkan bersama sambal rawit, tambahkan kerupuk.
Source : http://dapurmamahnanda.blogspot.co.id/2015/03/kupat-tahu-gempol-bandung.html

 Lumpia Basah

http://bisikan.com/images/21.JPG
Jajanan pinggir jalan murah namun cukup menyehatkan ini, biasanya akan dengan mudah kita jumpai. Terutama jika anda berkunjung ke kota bandung, disepanjang jalan di Bandung anda akan dengan mudah menjumpai makanan khas yang begitu nikmat ini. Berbeda dengan lumpia goreng pada umumnya, lumpia basah khas jajanan kota bandung ini dibuat dari campuran tauge, telur dan bumbu masak yang ditumis kemudian dibungkus dengan lumpia dan diberikan lumuran kuah gula merah yang dikentalkan dan dicampur dengan bengkuang.
Di Bandung sendiri, lumpia basah terkenal dengan campuran cabai dan rasa pedas yang dibuat dengan standar level. Dari mulai level pedas biasa hingga level terpedas. Nah, untuk perihal rasa pedas ini anda bisa menyesuaikannya sesuai dengan selera anda. Dan kini, untuk dapat mencicipi nikmatnya lumpia basah, anda tak perlu jauh-jauh mengunjungi kota Bandung, sebab anda akan dapat membuatnya sendiri dirumah dengan resep dan cara pembuatan yang akan kami jelaskan kali ini. Inilah Dia Resep dan Cara Membuat Lumpia Basah Jajanan Khas Bandung.

Bahan yang Diperlukan :

  • ¼ kg tauge
  • 5 lembar kulit lumpia
  • 2 butir telur ayam
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu-Bumbu Untuk Membuat Lumpia Basah

  • 4 siung bawang puting, dicincang kasar
  • 3 buah cabai rawit, haluskan

Bahan Perekan Lumpia :

  • 1 sendok makan tepung kanji
  • ½ ons gula merah
  • 125 ml air mineral

Bahan Campuran Untuk Bengkuang :

  • ½ kg gula bengkuang, iris memanjang
  • ½ ons gula merah
  • 100 ml air matang

Cara Memasak Lumpia Basah :

1. Pertama, kita buat terlebih dahulu kuah gula merah atau perekat kulit lumpia, caranya campur kesemua bahan untuk perekat. Larutkan gula dengan air, kemudian berikan tepung kanji dan aduk-aduk hingga mengental.
2. Setelah selesai, kemudian lanjutkan terlebih dahulu dengan membuat campuran bengkuang, caranya rebus air dengan gula merah hingga larut, saring gula merah dan masak bersama dengan bengkuang, masak hingga airnya habis dan bengkuang berubah menjadi berwarna coklat.
3. Setelah itu, baru kita akan membuat tumisan isi lumpia. Caranya, tumis terlebih dahulu bawang putih dan cabe rawit hingga harum dengan menggunakan minyak goreng yang sudah dipersiapkan sebelumnya.
4. Masukan telur ayam dan aduk-aduk hingga merata kemudian masak hingga tauge menjadi lebih layu, masukan juga garam dan pastikan bumbu sudah pas.
5. Terakhir siapkan piring, ambil selembar kulit lumpia, berikan perekat , masukan campuran bengkuang dan berikan tumisan tauge yang sudah dibuat, kemudian dilipat dan digulung.
6. Sajikan selagi hangat.

Source : http://bisikan.com/resep-dan-cara-membuat-lumpia-basah-jajanan-khas-bandung

Cilok

Cilok Enak Cilok, aci dicolok.... dari namanya sudah ketahuan terbuat dari apakah cilok namun apakah cara membuat cilok hanya dengan menggunakan aci/tepung aci/tepung sagu/tepung kanji ? tentu saja untuk membuat cilok yang enak dan nikmat tidak hanya itu saja bahannya nah ingin tahu bagaimana cara membuat cilok yang nikmat dan mudah, langsung saja simak artikel berikut ini :



Bahan membuat cilok :


  • 300 gram tepung kanji
  • 100 gram tepung terigu
  • 2 siung bawang putih yang dihaluskan
  • 1 sendok teh penyedap rasa
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 2 batang daun bawang yang diiris halus
  • 400 ml air,  bisa lebih karena untuk membuat adonan yang pas
  • garam secukupnya
  • air untuk merebus

Bahan Saus Kacang :

    150 gram kacang tanah digoreng lalu dihaluskan
    1 sendok teh gula pasir
    1 sendok teh cuka
    garam secukupnya
    air secukupnya

Cara membuat saus kacang :

  1. Campur kacang tanah (yang sudah dihaluskan) dengan  cuka, gula pasir, air dan garam lalu panaskan sebentar hingga mendidih dan mengental. selesai saus kacang selesai dibuat
  2. Jika ingin pedas, campurkan sedikit cabai yang sudah dihaluskan


Cara membuat cilok :

  1. Pertama ayak dan campur tepung kanji dengan tepung terigu bersama dengan daun bawang dan bawang putih yang telah dihaluskan hingga rata kemudian sisihkan terlebih dahulu.
  2. Setelah itu panaskan air (400ml), tambahkan garam, merica bubuk dan kaldu bubuk, masak hingga mendidih.
  3. Selanjutnya masukkan air yang masih panas tersebut kedalam adonan tepung sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga rata dan mudah dibentuk.
  4. Bentuk adonan menjadi bulat sedikit sedikit dan usahakan ukurannya sama hingga adonan habis tak tersisa.
  5. Rebus cilok yang masih mentah kedalam air mendidih hingga cilok mengambang yang menandakan bahwa cilok sudah matang, angkat dan tiriskan.
Source : http://indonesianfoods313.blogspot.co.id/2014/05/resep-cara-membuat-cilok-enak-mudah-dan.html

 Seblak Basah

Cara Membuat Seblak Basah Khas Bandung Seblak adalah jenis makanan yang sudah terkenal dan populer. Nama makanan ini sudah sejak lama dininati orang. Seblak merupakan makanan khas dari kota bandung yang sangat unik. Seblak ini terbuat dari bahan dasar kerupuk mentah yang direbus dalam air mendidih kemudian ditumis dengan berbagai macam jenis bahan pelengkap lainnya, misalnya seperti telur, sayuran, seafood dan lain sebagainya. Bagaimana makanan ini tidak unik dan enak, bahan dasarnya terbuat dari kerupuk yang direbus. Kerupuk pada umumnya dibuat dengan cara digoreng dengan minyak namun kali ini berbeda proses memasaknya, itulah yang membuat makanan ini menjadi lebih unik. Seblak basah disajikan dengan memiliki sedikit kuah sehingga makanan ini tidak memiliki tekstur yang kering dan renyah. Selain rasanya yang enak dan dapat menggoda selera, makanan ini juga memiliki harga yang cukup terjangkau dan biasanya banyak tersedia di pinggir jalan atau disekolah-sekolah. Untuk dapat menikmatinya, anda dapat membuatnya sendiri dengan resep dibawah ini.

Bahan :
  • 200 gr kerupuk aci kuning mentah
  • 3 butir telur ayam
  • 5 butit bakso sapi ( iris tipis )
  • 2 batang sosis sapi ( iris tipis )
  • 1 batang bawang daun polong ( iris halus )
  • garam secukupnya
  • sedikit gula pasir
  • penyedap rasa secukupnya
  • air secukupnya
  • minyak untuk menumis secukupnya
Bumbu yang dihaluskan :
  • 5 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 cm kencur
  • 15 buah cabe rawit merah
  • 2 sendok teh air asam jawa
  • 1 buah tomat merah
Cara Membuat Seblak Basah :
  1. Rebus kerupuk dalam air yang mendidih sampai lunak, angkat tiriskan
  2. Rendam kerupuk dalam air yang dingin sebentar, angkat tiriskan
  3. Tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum
  4. Tuang setengah gelas air lalu masukkan kerupuk yang sudah direbus, aduk rata
  5. Masak terus hingga kuah sedikit menyusut lalu masukkan telur kocok, baso, sosis dan irisan bawang daun polong
  6. Tambahkan gula, garam dan penyedap rasa, aduk rata dan siap disajikan
Jika anda berkunjung kekota Bandung, jangan lupa untuk menikmati makanan yang satu ini. Makanan ini sangat disayangkan kalau dilewatkan begitu saja. Itulah resep dan cara membuat seblak basah, semoga bermanfaat.

Source : http://www.resepnasional.com/cara-membuat-seblak-basah-khas-bandung/

 

0 komentar:

Posting Komentar